About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful.

Saturday, August 22, 2009

Penulis Cilik Lahir dari DE-5


Menulis bagi kebanyakan orang merupakan pekerjaan yang masih dianggap sulit. Apalagi bagi anak-anak. Menulis merupakan pekerjaan yang ringan tapi melelahlan. Itulah pendapat kebanyakan kita sementara ini.

Namun berbeda dari pendapat umum seperti di atas itu, Taman Baca DE-5 justeru melahirkan penulis cilik yang masih berusia SD dan SMP. Mereka adalah Dela Moris Lola Hamasee, Mega Nadia Firi, Nuraini Puspita Damayanti dan Dewi Anngraeni. Mereka semua menulis sebuah cerpen dengan judul tersendiri. Kemudian tulisan mereka dibukukan menjadi satu kumpulan cerpen. Wah, luar biasa ya? Kita orang dewasa saja masih sulit melakukan hal itu.

Bagaimana sih, kok mereka bisa?
Awalnya, kita juga sulit untuk menulis, jawab mereka saat ditanya oleh seorang wartawan yang sempat hadir dalam peluncuran cerpen mereka bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional, 26 Juli 2009 itu. Namun, lanjut mereka, kita mendapat bimbingan dari guru di Taman Baca DE-5. Kami diminta memilih judul sendiri sesuai cerita yang kita suka. Kemudian kita kerjakan tulisan itu di rumah setiap hari. Satu hari satu halaman. Setiap minggu, tulisan kita diperiksa oleh pembimbing. Setelah dirasa cukup, pembimbing kemudian merapikan dalam bentuk yang lebih sempurna. Kami gak merasa capek. Itulah cara belajar kami menulis, lanjut salah seorang di antara mereka.Guru kami bilang, syarat untuk menjadi penulis itu ya menulis.Di Taman baca De-5 tempat kami membaca juga tersedia banyak novel dan cerpen yang bisa dibaca untuk contoh, lanjut mereka. Oh, gitu.

Menjadi Penulis dan apa saja yang kita mau, sebenarnya sangat bergantung dengan diri kita sendiri. Ini terbukti dengan apa yang teman-teman kamu lakukan. Mereka ternyata bisa menjadi penulis dengan kesungguhan menulis. Melakukannya dengan sabar dan senang tanpa rasa tertekan. Walaupun memang sangat melelahkan.

Taman Baca DE-5 menjadi tempat yang perlu kamu kunjungi sebagai sarana membaca dan menuntut ilmu. Biasakanlah membaca sehingga kamu bisa seperti mereka. Selamat kepada penulis cilik ini, semoga kalian menjadi penulis yang hebat seperti Jk. Rowling itu. //FQ

0 comments:

Post a Comment