About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful.

Sunday, August 23, 2009

DE-5 Selayang Pandang


DE-5 adalah sebuah nama yang diambil dari unsur nama depan anak-anak ibu Nini Johan (Pembina) yang semuanya diawali dengan huruf D. Terbentuknya gabungan nama ini sebagai perwujudan rasa cinta sang ibu kepada anak-anaknya. Lalu diabadikanlah nama itu untuk menamakan gagasan mulia yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Sebuah Taman Baca DE-5

Dibantu oleh Furqon Bunyamin Husein, gagasan sederhana itu menjadi upaya mulia di tengah kehidupan masyarakat yang dilanda krisis ekonomi sosial dan budaya.

18 September 2008, menjadi hari bersejarah setelah Ibu Yessy Gusman meresmikan dengan pemotongan pita yang dililitkan pada pintu garasi.

Hadirnya para Ketua RT seperti, bapak Martono, Dartono, Sidik Rifai, Sugeng Junedi, Sanusi, Ibu Sumarni dan masyarakat RT 012 melengkapi catatan sejarah lahirnya Taman Baca DE-5 ini. Inilah moment bersejarah sebagai pertanda dimulainya cita-cita sederhana tapi mulia itu.

VISI
• Membangun pribadi anak dengan ilmu dan keterampilan sehingga menjadi pribadi
tangguh, percaya diri, berani, bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungan.

MISI
• Memberi pengajaran berupa ilmu dan keterampilan sesuai usia
• Menyediakan sarana membaca dan buku yang berkualitas
• Melatih tampil dalam kegiatan-kegiatan publik sesuai program dan bakat.


PENDEKATAN & METODOLOGI
DE-5 adalah Taman Baca dengan kurikulum berbasis ganda meliputi akademis dan lifeskill. Pendekatan acuan diadaptasi dari metode Montessori yang menekankan proses pembelajaran dengan penciptaan atmosfir ruang belajar yang nyaman dan Gordon Dryden dengan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada integralisasi nilai bermain dan belajar.

Para peserta juga mendapat keterampilan plus dari Adela Garcia seperti kemampuan membuat tulisan sederhana dengan buku ciptaannya sendiri dan keterampilan lain yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

PROGRAM PENDUKUNG
Peserta berkesempatan mengaktualisasi keterampilan dan pengetahuan yang mereka peroleh melalui program Vistal, Visit Tour and Learn. Program ini dikemas sebagai added value terhadap proses pembelajaran yang berlangsung di Taman Baca. Vistal menyajikan format baru dalam proses pembelajaran siswa dengan cara berkunjung ke suatu tempat hiburan untuk melakukan identifikasi dan menulis karangan mengenai tempat yang dikunjungi. Selain itu, Vistal juga menjadi sarana atau wadah anak-anak mengekspresikan Keterampilan yang mereka miliki seperti Story Telling, Puisi dan juga Drama.

Program Vistal akan melakukan kerjasama dengan media masa dan elektronik sehingga keterampilan yang diekpsresikan oleh perserta terekspose di masyarakat dan mendorong mereka untuk lebih memacu prestasi.


KLASIFIKASI PROGRAM

Prasekolah
Course Length : Four Months
Session : Two Sessions in a week
Class Duration : 30 Minutes
Achievement : Understanding the alphabet, learn to write and understanding Simple words.

Sekolah Dasar
Level : 1,2,3
Course Length : Four Months
Session : Two Session in a week
Class Duration : 30 Minutes
Achievement : Reading and writing of short sentences

Sekolah Dasar
Level : 4,5,6
Course Length : Four Months
Session : Two Session in a week
Class Duration : 30 Minutes
Achievement : Reading and writing of short aentences, Storytelling,puisi

Sekolah Menengah Pertama
Course Length : Four Months
Session : Two Session in a week
Class Duration : 30 Minutes
Achievement : Speech and composition

Sekolah Menengah Umum
Course Length : Four Months
Session : Two Session in a week
Class Duration : 30 Minutes
Achievement : Speech and composition

Bahan ajar: 1. The Learning Revolution, Gordon Dryden, Dr. Jeanette Vos 2. The Accelerated Learning, Dave Meier. 3. A Parent's Guide To The Montessori Class Room, Aline D. WolfD

0 comments:

Post a Comment